Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Perwakilan Express Air Bakal ke Kaltara

Berita juga akan beroperasinya maskapai Express Air menukar Kalstar, disadari Kepala Bandara Juwata Tarakan Hemi Pamuraharjo. Bahkan juga, dia telah mendengar segera berita itu dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Info yang diperolehnya, izin penerbangannya tengah dalam sistem kesepakatan. “Jadi saya bertanya ke Direktorat Perhubungan Udara untuk problem izin rutenya, serta saya telah bertanya ke Indonesia Airport Slot Management (IASM), itu telah diberi pada Express Air, ” katanya, Jumat (10/11).

Menurut Hemi, minggu depan perwakilan Express Air juga akan bertandang ke Kaltara untuk meyakinkan kesiapan, sekalian lihat keadaan bandara di Kaltara. Sesaat untuk penerbangan perdana, bila tak ada masalah dijadwalkan bln. ini.

“Insya Allah dalam minggu ke-3 November atau akhir November mereka siap operasi menukar Kalstar, ” katanya.

Rute yang dilayani tidak gantinya dengan Kalstar. Yaitu, melayani yalla shoot orang-orang Kaltara yang menginginkan melancong antarkabupaten serta kota seperti Malinau, Tanjung Selor serta Nunukan. Sedang pesawat yang disediakan yaitu type ATR-48 yang kemampuan seat-nya sama juga dengan Kaltstar.

Hemi berjanji juga akan memonitor selalu perubahan sistem perizinan penerbangan Ekspress Air. Sebab, dia juga mengharapkan maskapai ini selekasnya beroperasi lebih cepat dari yang dijadwalkan, mengingat keperluan warga Kaltara yang cukup menekan.

Selain itu, mulai sejak Kalstar tidak beroperasi awal Oktober lantas, dia mengaku ada penurunan jumlah penumpang. Karna orang-orang Kaltara yang umumnya melancong antarkabupaten memakai pesawat, sangat terpaksa berpindah memakai transportasi air.

“Konsukuensinya jumlah penumpang turun, karna Kalstar tidak beroperasi. Tapi insya Allah sebelumnya Natal telah normal, karna kami cemas cocok Natal kekurangan kemampuan, ” katanya.

Disamping itu, berita juga akan beroperasinya Express Air menukar Kalstar, diterima positif Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kaltara Hendik Sudaryanto. Pihaknya begitu memerlukan moda transportasi udara dalam rencana pemenuhan pecahan uang rupiah di Kaltara.

Sampai kini, pihaknya memanglah memakai Kalstar untuk pengiriman uang yang lebih aman ke beberapa daerah perbatasan di Kabupaten Malinau serta Nunukan. Tetapi, mulai sejak berhentinya Kalstar beroperasi, pengiriman uang cuma lewat laut yang dinilai kurang aman serta menghalangi pengiriman.

“Tentunya itu juga akan bagus, karna sia-sia bila tak ada moda transportasi yang mengangkut ke tempat maksud, yang penuhi unsur keamanan tinggi. Dengan terdapatnya alternatif moda transportasi udara juga akan makin memudahkan Bank Indonesia, ” katanya.

Menurut Hemi, semakin lebih bagus sekali lagi bila lebih banyak terdapat pilihan moda transportasi yang ada untuk pengiriman rupiah ke perbatasan. Hingga, pihaknya bukan sekedar tergantung pada satu alat transportasi saja.

Disadari Hemi, mulai sejak hadirnya Bank Indonesia di Kaltara, telah dapat mencapai pengiriman rupiah sampai ke Krayan, dengan dibantu Bank Kaltim-Kaltara. Ini tidak terlepas juga karna fasilitas transporasi yang ada hingga mempermudah dalam pengiriman uang.
Sign In or Register to comment.