Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Cara Melakukan Komplain Kiriman Paket Yang Terlambat Atau Bermasalah

Terakhir saat buka e-mail, saya seringkali streaming trans 7 terima pengaduan dari pembaca Usaha Kurir sekitar kiriman paket yang menurut mereka semestinya telah di terima tapi nyatanya belum juga hingga. Serta yang menarik, tidak semuanya menjelaskan paketnya di kirim lewat perusahaan pengiriman apa. Ada yang kelihatannya cuma sharing saja, mungkin saja bingung mesti komplain kemana. Seperti e-mail yang di kirim [email protected] com yang berisi singkat padat : " Kiriman saya belum juga sampe2 dari tanggl 16. "

" Saya menginginkan ajukan pertanyaan mengapa baramg saya samlai hari ini belom datengg telah 4 hari ", catat Anas lewat emailnya [email protected] com yang saya kutip apa yang ada.

Nurul ([email protected] com) bertanya kiriman paket untuk dia yang belum juga hingga walau telah 8 hari lebih di kirim. " Mohon jawabannya pak, terima kasih, " tulisnya diakhir emailnya.

Itu sebagian e-mail yang berisi keluh-kesah mengenai paket yg tidak beberapa hingga.
Langkah Lakukan Komplain Kiriman Paket Yang Terlambat Atau Bermasalah
Agen janganlah alergi dengan komplain customer atas keterlambatan paket

Tidak cuma yang komplain sekalian memohon supaya saya menolong merampungkan keterlambatan kiriman paketnya, ada pula yang - untuk beberapa kalinya - berasumsi saya mewakili perusahaan kurir spesifik, serta diinginkan dapat menolong mengolah mengajukan jadi agen.

" Saya menginginkan jadi partner JNE Prasyarat serta ketetapan telah ok, " catat Bidal (bidal. [email protected] com) dalam emailnya, sembari memasukkan satu file.

" Saya tinggal di Ciomas Bogor & tertarik untuk jadi agen, apakah masih tetap ada peluang untuk buka di Bogor?, " catat Tioris ([email protected] com).

Untuk ayah Ikhwan Blackmore di Kebumen yang tawarkan hubungan kerja layanan ekspedisi/kurir, saya mohon maaf tidak dapat terima tawaran ayah, karna memanglah saya bukanlah yang memiliki atau pengelola layanan pengiriman spesifik. Saya cuma pengelola situs (blog) yang berisi info mengenai usaha layanan pengiriman. Mudah-mudahan kekeliruanpahaman mengenai status saya tak akan berlanjut.

Langkah komplai kiriman paket yang terlambat.

Untuk yang bertanya langkah jadi agen pengiriman spesifik, karna telah terdapat banyak artikel di situs (blog) ini yang menulis mengenai hal itu, jadi tidak saya ulas sekali lagi. Dasarnya, buat Anda yang tertarik jadi agen segera saja menghubungi alamat yang terdaftar dalam artikel itu. Lagi, tempat saya bukanlah wakil dari perusahaan layanan kurir apa pun, saya cuma seseorang blogger yang kebetulan menulis mengenai usaha kurir.

Untuk Anda semuanya yang sudah kirim e-mail, saya katakan terima kasih atas perhatian Anda, tetapi saya juga minta maaf, bila saya tidak dapat membalas satu-persatu e-mail Anda. Tapi saya membaca semua, serta buat saya itu jadi input untuk bahan penulisan selanjutnya.

Kesempatan ini saya menginginkan menulis sekitar langkah lakukan komplain atas paket yang terlambat atau statusnya tidak terang, untuk menolong rekan-rekan yang alami problem itu seperti yang banyak saya terima lewat e-mail.

Sebelumnya Anda lakukan komplain atas kiriman paket yang belum Anda terima atau paket yang Anda kirimkan belum juga hingga ke alamat maksud, ada banyak hal yang butuh dipahami.

1. Type service yang Anda pakai.

Tidak kebanyakan orang memahami kalau kiriman paket terdapat banyak type service, dari yang umum (Reguler), kilat/express (ONS/YES), hingga super kilat (Same Day). Terlebih bila perusahaan yang papan namanya memakai arti seperti : paket kilat, kiriman express, paket cepat dan sebagainya, ini dapat menjebak orang pemula yang menduga kalau paket yang di kirim cepat hingga alamat maksud.

Bila Anda kirim paket tanpa ada bertanya hal itu, umumnya petugas yang terima paket berasumsi Anda memakai service Reguler/umum. Umumnya petugas cuma bertanya mengenai isi paket, tapi tidak selamanya bertanya type service yang juga akan dipakai. Walau sebenarnya si pengirim paket di mana juga senantiasa mengharapkan paketnya secepat-cepatnya tiba di tujuan.

Kerapkali berlangsung pengirim atau penerima paket tidak sabar menanti. Banyak yang gerah menanti paketnya tidak kunjung hingga sesudah 3-4 hari di kirim serta berasumsi paketnya terlambat. Walau sebenarnya service Reguler tidak memberi kepastian berapakah hari paket dapat terantar, terkecuali rentang hari pengiriman sesuai sama alamat maksud. Untuk maksud antar kota di Pulau Jawa rentang saat 3-5 hari pengiriman dapat dipandang standard service Regular.

Jadi komplain atas paket yang terlambat semestinya dikerjakan sesuaikan type service yang dipakai.

2. Urgensi isi paket.

Bila barang yang Anda kirim itu perlu serta menekan sesegera mungkin saja dipakai oleh si penerima, Anda mesti memakai service paket kilat yang lebih menanggung ketepatan saat pengiriman, seperti ONS (One Night Service) dari TIKI atau YES (Percaya Besok Hingga) dari JNE. Serta yakinkan kalau lokasi kota anda serta lokasi alamat maksud mencapai service itu. Karna service paket kilat memerlukan persyaratan spesifik, Anda mesti menyatakan pada agen tempat Anda kirim paket kalau service itu dapat dikerjakan dari kota Anda.

Sekian kali saya menjumpai orang kirim paket dari satu daerah ke kota beda memakai service kilat, dengan keinginan besuknya paket itu telah tiba ke maksud. Bahkan juga sempat saya saksikan agen berani terima paket itu, walau si pengiriman menerangkan besuk pagi paket harusnya hingga. Ini begitu tidak masuk akal. Memanglah paket itu besuk hingga di kota maksud, tapi apakah mungkin saja kurir dapat mengantar paket saat pagi hari? Bila siang masih tetap mungkin saja, itupun bila letaknya cukup dekat atau sejalur dengan jalur pengantaran si kurir.

Untuk kiriman paket mendesak antar kota yang berdekatan baiknya memakai layanan Travel Antar Kota, yang lebih menanggung paket dapat sampai serta diantarkan pada esuk pagi harinya.

3. Jarak Bukanlah Ukuran Kecepatan Pengiriman Paket

Memanglah pada umumnya semakin jauh maksud paket, makin lama saat yang diperlukan untuk mengemukakannya. Tapi ini tidak bermakna, semakin dekat maksud paket, semakin cepat pengantarannya.

Tapi kenyataannya, banyak yang memakai alasan jarak jadi tolok ukuran cepat tidaknya semestinya satu paket terantar. Umpamanya orang yang mengeluh, paket dari Surabaya ke Kediri yang jaraknya kurang dari 150 km 3 hari belum juga hingga, walau sebenarnya ke Jakarta yang jaraknya 4 kali lebih jauh cuma 2 hari hingga! Perbandingan ini sudah pasti tidak logis, karna banyak aspek yang lebih memastikan cepat-tidaknya pengiriman paket, bukan hanya jarak.
Sign In or Register to comment.